5 Manfaat Terapi Air untuk Sendi dan Tulang

48
5 Manfaat Terapi Air untuk Sendi dan Tulang

Terdapat berbagai jenis terapi yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan sendi dan tulang, termasuk terapi air, Brava Listeners.

Secara umum terapi air adalah latihan dengan menggunakan air sebagai media untuk meningkatkan kekuatan dan kelenturan sendi dengan melawan massa air.

5 Manfaat Terapi Air untuk Sendi dan Tulang

Pada terapi air, Anda akan melawan tekanan air, sama halnya ketika Anda berenang. Gerakannya bisa dilakukan dengan berjalan atau berlari di air. Selain itu, Anda juga boleh melompat atau menendang.

Lantas, apa saja manfaat terapi air untuk kesehatan sendi dan tulang? Simak ulasan lengkapnya berikut ini:

1. Melatih keseimbangan dan kekuatan tubuh

Kemampuan air untuk memberi tekanan pada tubuh bisa membantu menguatkan otot tubuh setelah cedera serta mengurangi cedera lanjutan karena kehilangan keseimbangan.

2. Meningkatkan aliran darah ke otot dan sendi

Melakukan kegiatan olahraga di dalam air membuat tubuh bergerak ke berbagai arah sekaligus, tetapi secara halus bisa meningkatkan fungsi jantung dan paru-paru, sehingga membantu meningkatkan aliran darah ke otot dan sendi.

3. Memberi efek menenangkan

Anda bisa melakukan terapi air untuk radang sendi dengan suhu sekitar 33—36º Celsius agar saat latihan dijalani, aliran darah pun meningkat.

5 Manfaat Terapi Air untuk Sendi dan Tulang

Berendam di dalam air hangat juga bisa membuat otot rileks serta meredakan nyeri dan kaku akibat penyakit sendi ini, sehingga tubuh bisa bergerak dengan lebih nyaman.

4. Mengurangi nyeri

Berdasarkan studi American Journal of Physical Medicine and Rehabilitation, terapi air bisa meningkatkan kemampuan gerak serta mengurangi nyeri pada wanita penderita radang sendi.

Baca Juga: Menahan Bersin Ternyata Punya Dampak Buruk Bagi Kesehatan!

5. Membuat tubuh bergerak lebih mudah

Mengutip dari Creaky Joints, berdasarkan American Physical Therapy Association, air juga bisa mengurangi hampir 90% berat tubuh. Ketika mengapung, tubuh diketahui bisa bergerak dengan lebih mudah dan tidak sakit dibandingkan saat berada di daratan.