Donor Darah Punya 5 Manfaat untuk Kesehatan Tubuh

68
Donor Darah Punya 5 Manfaat untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat donor darah ternyata tidak hanya untuk penerima, pendonor juga mendapatkan sederet manfaat untuk kesehatan tubuh.

Darah sendiri sangat penting buat mereka yang mengalami pendarahan, penyakit yang berkaitan dengan darah, juga pasien yang sedang operasi.

Donor Darah Punya 5 Manfaat untuk Kesehatan Tubuh

Walaupun ‘kehilangan’ darah, pendonor tetap mendapatkan manfaat terutama dalam hal kesehatan tubuh.

Cek kesehatan gratis

Tanpa disadari, pendonor mendapat kesehatan gratis. Ini terjadi karena Anda wajib menjalani pemeriksaan fisik sederhana dan tes darah. Mengutip dari Medical News Today, beberapa pemeriksaan akan meliputi:

– Tekanan darah
– Suhu tubuh
– Detak jantung
– Kadar hemoglobin (Hb) atau zat besi

Baik untuk kesehatan jantung

Donor Darah Punya 5 Manfaat untuk Kesehatan Tubuh

“Jika darah memiliki kekentalan atau hambatan tinggi untuk mengalir, darah akan mengalir seperti tetes tebu,” kata Phillip DeChristopher, direktur bank darah Loyola University Health System, seperti dilaporkan Health.

Dengan mendonorkan darah, kekentalannya berkurang sehingga aliran darah lebih lancar.

Bisa turunkan tekanan darah

Pada tahun 2015, peneliti memonitor tekanan darah 292 orang yang donor darah 1-4 kali dalam setahun lebih. Setelah diteliti, tekanan darah mereka lebih baik seiring frekuensi donor darah meningkat.

Baik untuk kesehatan mental

Ternyata, donor darah bermanfaat untuk mengurangi stres, menghilangkan perasaan negatif, perasaan baik sebab membawa manfaat buat komunitas juga meningkatkan kesejahteraan emosional.

Baca Juga: Rekomendasi Minuman Pembersih Parui-paru Dari Debu Polusi

Menjaga berat badan

Donor darah secara teratur menjadi salah satu langkah nyata pemantauan berat badan. Cek berat badan membantu orang mengidentifikasi kelebihan berat badan (overweight), kurang berat badan (underweight) atau obesitas.