Eddy Betty: Desainer harus selalu punya ide

71

Di segmen ini mereka membahas inspirasi dan ide dari karya-karya Eddy Betty.

Q: Mengenai inspirasi Anda selama 20 tahun ini, siapakah inspirasi Anda?

A: Inspirasi itu kebanyakan dari keluarga, terutama ibu. Zodiak saya Cancer, pasti sukanya di rumah, lalu sayang sama keluarga. Saya juga personally sangat dekat dengan ibu.

Q: Dari ibu banyak mendapat filosofi dan inspirasi, tertuangkah inspirasi tersebut pada karya-karya Anda?

A: Kalau inspirasi dan ide sebenarnya bisa dari mana saja, tidak selalu dari ibu. Misal, keluar rumah lalu melihat langit, itu bisa jadi sebuah inspirasi.

Pesan guru saya adalah “tidak boleh tidak punya ide”. Kalau membuat baju, tidak terima kata “tidak ada ide”. Mau mainan anak-anak atau apapun, pasti bisa jadi ide.

Kalau dari ibu, dia berpesan agar saya selalu jadi orang yang low profile.

Q: Kalau desainer harus punya ide, bagaimana Anda mendeskripsikan karya Anda dari waktu ke waktu?

A: Waktu awal mula saya sebagai desainer, desain saya terkesan strong personality. Ibarat arsitek, saya lebih ke mengkoreksi tubuh. Jadi bukan hanya desain dan motifnya bagus apa tidak.

Lebih disesuaikan ke badan. Kreasi itu bisa menyusul. Namun untuk sekarang, desain saya itu lebih matang. Dulu kan lebih outloud, semua kreasi mau dicoba. Sekarang sudah bisa membedakan mana yang too much, mana yang mau dikurangi.

Q: Apa rencana Anda dalam lima tahun ke depan?

A: Saya maunya lebih perfeksionis. Kalau desainer muda rata-rata ingin go international. Kalau saya lebih ingin mengurusi yang nasional dulu. Saya tidak muluk untuk harus go international, yang nasional saja cukup.

Q: Bagaimana menurut Anda desainer-desainer baru saat ini?

A: Mereka sangat luar biasa. Mereka mulau banyak promosi di Instagram. Sosial media itu bisa merubah Anda yang hari ini bukan siapa-siapa, tapi besok sudah jadi seseorang. Itulah the power of socmed.

Meski strategi itu bagus, tapi jangan lupa kalau di sosial media itu hanya foto. Desainer itu harus bisa improvisasi kualitasnya. Dan harus membuat sesuatu yang baru.

Brava Listeners, terus dengarkan Brava Radio di 103.8 FM atau bisa melalui streaming di sini.

Baca juga:
Daftar kapal pesiar mewah di Singapore Yacht Show 2017
Toppels, Kafe terbalik di Jerman
5 Destinasi wisata baru Dubai yang wajib Anda kunjungi

Share it