Elon Musk Dirikan Perusahaan AI Bernama ‘xAI’

40
Elon Musk Dirikan Perusahaan AI Bernama 'xAI'

Gebrakan baru di dunia teknologi kembali dibuat oleh Elon Musk, yang baru-baru ini meluncurkan perusahaan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) baru, bernama xAI.

Dalam akun Twitternya, Elon Musk mengungkapkan alasan mendirikan perusahaan xAI adalah “memahami realitas”. Tim xAI dipimpin langsung oleh Elon Musk.

Dibuatnya perusahaan AI baru milik Elon Musk ini juga untuk menyaingi ChatGPT. ChatGPT didirikan oleh OpenAI sebagai teknologi pemprosesan bahasa alami untuk berinteraksi dengan pengguna melalui percakapan teks.

Meski dibangun oleh Elon Musk, namun xAI memisahkan diri dari X Corp atau Twitter, serta Tesla. Hal tersebut karena misi yang diusung berbeda diantara perusahaan-perusahaan tersebut.

“Kami merupakan perusahaan yang terpisah dari X Corp, namun akan bekerja dekat dengan X (Twitter), Tesla, dan perusahaan lain untuk membuat kemajuan dalam misi kami,” tulis xAI.

Baca Juga: Medsos Threads Tak Mendukung Pengguna untuk Bahas Politik

Tim xAI juga berisikan dari orang-orang yang pernah bekerja di DeepMind, OpenAI (pembuat ChatGPT), Google Research, Microsoft Research, Tesla, and University of Toronto.

Situs xAI juga sudah dapat diakse dengan langsung mengunjungi alamat https://x.ai/.