FIFA Batalkan Drawing Piala Dunia U-20 2023, Indonesia Disanksi?

92
FIFA Batalkan Drawing Piala Dunia U-20 2023, Indonesia Disanksi?
FIFA President Gianni Infantino addresses the 73rd FIFA Congress at the BK Arena in Kigali, Rwanda March 16, 2023. REUTERS/Jean Bizimana

FIFA resmi membatalkan drawing Piala Dunia U-20 2023 yang direncanakan digelar pada 31 Maret di Bali. Pembatalan tersebut akibat sikap penolakan dari Gubernur Bali, I Wayan Koster, terhadap kedatangan Israel.

Pemberitahuan pembatalan dari FIFA ini disampaikan oleh anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Arya Sinulingga saat konferensi pers di GBK Arena, Minggu (26/3) WIB. FIFA menyampaikannya melalui Ketua PSSI sekaligus LOC Erick Thohir secara lisan.

Alasannya dikarenakan Gubernur Bali, I Wayan Koster, menolak kehadiran timnas Israel yang turut berpartisipasi di Piala Dunia U-20 2023. Sebagaimana drawing Piala Dunia U-20 2023 harus diikuti oleh seluruh peserta.

“Kemarin kami sudah dapat informasi dari FIFA, ke LOC, dalam pemberitahuan belum ada surat resmi tapi sudah jelas bahwa drawing telah dibatalkan FIFA. Jadi ini adalah informasi yang kami dapat dari FIFA,” kata Arya Sinulingga.

“Memang kami belum dapat surat resmi dari FIFA. Tapi pesannya jelas bahwa dibatalkan. Ini kami maklumi karena adanya penolakan dari Gubernur Bali (I Wayan Koster) yang menolak kedatangan Israel. Sehingga drawing tidak mungkin dilakukan tanpa keikutsertaan seluruh peserta,” ucapnya.

Baca Juga: FIFA Umumkan Lagu Resmi Piala Dunia U-20 di Indonesia

FIFA Batalkan Drawing Piala Dunia U-20 2023, Indonesia Disanksi?

Arya mengungkapkan akan mengantisipasi kemungkinan apabila sepakbola Indonesia terancam disanksi FIFA.

“Ketua umum juga akan melaporkan kepada Bapak Presiden pada kesempatan pertama untuk mencari solusi untuk semua ini baik secara diplomasi maupun politik luar negeri untuk bagaimana menyelamatkan sepakbola Indonesia yang kita cintai,” kata Arya.

“Kami akan mencoba mencari solusi yang terbaik. Sepakbola Indonesia harus kita selamatkan bersama sama,” ujanya.