Gara-gara Bikin Rugi Rp 100 Miliar, WSBK Akan Dihapus

79
Gara-gara Bikin Rugi Rp 100 Miliar, WSBK Akan Dihapus

Gelaran World Superbike atau WSBK di Sirkuit Mandalika terancam dihapus karena dianggap menyebabkan kerugian hingga Rp100 miliar.

Dony Oskaria selaku Direktur Utama InJourney mengatakan kerugian terbesar Sirkuit Mandalika berasal dari penyelenggaraan WSBK. Acara ini bahkan tidak menarik bagi investor untuk masuk menjadi sponsor.

Gara-gara Bikin Rugi Rp 100 Miliar, WSBK Akan Dihapus

“WSBK ini menunjukkan kerugian, sehingga apa yang kami lakukan adalah kami akan bernegosiasi untuk menghilangkan WSBK ini,” terangnya dalam rapat kerja dengan Komisi VI DPR RI, Rabu (14/6).

Menurut Dony, apabila penyelenggaraan WSBK dihilangkan, maka bisa membantu menurunkan beban perusahaan. Sehingga, kerugian yang ditimbulkan tidak makin besar tiap tahunnya dibandingkan bila event tersebut dipertahankan.

“Nanti WSBK ini akan turun, akan kita hilangkan, sehingga tidak muncul biaya di dalam penyelenggaraan WSBK yang itu sebetulnya event-nya tidak menarik secara sponsorship,” jelasnya.

Gara-gara Bikin Rugi Rp 100 Miliar, WSBK Akan Dihapus

Di sisi lain, kerugian InJourney disumbang dari penyelenggaraan MotoGP. Penyebabnya, karena pemasukan dari iklan dan sebagainya lebih besar dibandingkan biaya operasionalnya.

Berdasarkan perhitungan InJourney, kerugian akibat penyelenggaraan MotoGP mencapai Rp50 miliar. Namun, acara ini cukup menarik sponsor sehingga bisa tetap dilaksanakan.

Baca Juga: Faktor Kuat Penyebab Lionel Messi Batal ke Indonesia

“MotoGP itu sudah kita hitung dan kita punya gap sekitar Rp50 miliar. Ini yang sedang kita carikan cara bagaimana kita mendapatkan tambahan sponsorship untuk menutupi gap ini, sehingga kita bisa melokalisir problemnya di Mandalika ini,” jelasnya.

Penghapusan WSBK dinilai bisa jadi salah satu cara mengurangi utang Sirkuit Mandalika yang mencapai Rp4,6 triliun.