Indonesia Pernah Gagal ke Piala Dunia Karena Tolak Lawan Israel

263
Indonesia Pernah Gagal ke Piala Dunia Karena Tolak Lawan Israel

Penolakan timnas U-20 Israel tampil di Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia saat ini sedang hangat diperbincangkan. Namun, ternyata jauh sebelum itu timnas Indonesia pernah memutuskan untuk tidak berlaga di Piala Dunia karena menolak melawan timnas Israel.

Indonesia terancam gagal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 akibat polemik yang terjadi seiring dengan penolakannya terhadap timnas Israel oleh beberapa politisi Tanah Air. Ini merupakan kedua kalinya posisi Indonesia dihadapkan dengan Israel di ajang Piala Dunia.

Sebelumnya, pada babak kualifikasi Piala Dunia 1958, Indonesia dipertemukan bertanding melawan Israel. Kedua tim berhasil lolos babak pertama kualifikasi Piala Dunia 1958 di Swedia.

Indonesia Pernah Gagal ke Piala Dunia Karena Tolak Lawan Israel

Sepanjang kualifikasi, timnas Indonesia mampu lolos ke babak berikutnya setelah menang agregat melawan China. Sementara itu, Israel menjadi juara di kualifikasi zona Asia Barat.

Indonesia pun diharuskan melawan Israel untuk memastikan tiket ke Piala Dunia 1958 Swedia. Namun, di era kepemimpinan Soekarno Indonesia lebih memilih untuk mengundurkan diri dengan menolak melawan Israel di kualifikasi Piala Dunia 1958.

Indonesia Pernah Gagal ke Piala Dunia Karena Tolak Lawan Israel

PSSI sempat meminta tanding di tempat netral, namun hal tersebut ditolak oleh FIFA. Sementara itu, Israel meminta laga digelar dua leg, di Tel Aviv dan Jakarta. Namun, Indonesia memilih untuk menolak.

Ajudan Soekarno, Maulwi Salean mengungkapkan,”Itu sama saja mengakui Israel. Kami nurut dan tidak jadi berangkat.”

Baca Juga: Demi Piala Dunia U-20, Erick Thohir Terbang ke Markas FIFA

FIFA akhirnya memutuskan Israel menang WO dari timnas Indonesia dan lanjut ke babak ketiga. Namun begitu, negara-negara yang seharusnya menjadi lawan Israel selanjutnya seperti Turki dan Sudan juga memilih untuk mundur.

Melihat Israel yang maju ke putaran final Piala Dunia 1958 tanpa bermain di kualifikasi, membuat FIFA akhirnya memutuskan Israel melawan Wales. Wales pun berhasil menaklukkan Israel dan Israel gagal melajur ke Piala Dunia 1958.