Indonesia Simpan Harta Karun Di Dasar Laut Hingga Rp 177 triliun

35
indonesia simpan harta karun di laut

Memiliki perairan yang sangat luas, siapa sangka ternyata Indonesia menyimpan harta karun yang jumlahnya bisa mencapai USD 12,7 miliar atau sekitar Rp 177 triliun.

Kekayaan Indonesia ternyata tidak hanya tersimpan di darat, namun di lautan yang sangat luas, Negeri Khatulistiwa menyimpan harta karun di dasar lautannya. Terdapat  464 titik harta karun bawah laut Indonesia, berdasarkan catatan APPP BMKTI.

Lokasi yang paling banyak memiliki potensi besar menyimpan harta karun di dasar laut, yakni Pelabuhan Ratu dengan 134 lokasi.

indonesia simpan harta karun di laut 1

Sementara itu 330 titik lainnya ada di Selat Bangka (7 lokasi), Belitung (9 lokasi), Selat Gaspar, Sumatera Selatan (5 lokasi), Selat Karimata (3 lokasi), Perairan Riau (17 lokasi), Selat Malaka (37 lokasi), Kepulauan Seribu (18 lokasi), perairan Jawa Tengah (9 lokasi), Karimun Jawa (14 lokasi), Selat Madura (5 lokasi), NTB dan NTT (8 lokasi), Pelabuhan Ratu (134 lokasi), Selat Makassar (8 lokasi), perairan Cilacap (51 lokasi), perairan Arafuru (57 lokasi), dan perairan Ambon (13 lokasi).

indonesia simpan harta karun di laut 1

Mengetahui potensi kekayaan laut yang dimiliki Indonesia sangat besar, pihak APPP BMKTI mencegah untuk memberikan izin kepada investor asing untuk mengeruk harta karun bawah laut Indonesia.

Baca Juga : 4 Teknologi Canggih Yang Membantu Olahraga Sepeda

Menurut Sekretaris Jenderal APPP BMKTI, Harry Satrio, lebih mempercayakan perusahaan lokal untuk memberdayakan laut Indonesia dibandingkan perusahaan asing.

“Saya asosiasi enggak setuju asing dikasih langsung, karena kalau dia bermain langsung kita kalah teknologi,” kata Sekretaris Jenderal APPP BMKTI, Harry Satrio, dikutip dari kumparan.

Share it