Ini Waktu yang Tepat Berolahraga di Tengah Polusi Udara

16
Ini Waktu yang Tepat Berolahraga di Tengah Polusi Udara

Disaat polusi udara melanda wilayah Jabodetabek, banyak warga khawatir untuk berolahraga di luar ruangan, Brava Listeners.

Dokter spesialis olahraga di Eka Hospital BSD, Maria Lestari mengatakan aktivitas olahraga, terutama di luar ruangan saat polusi memang sangat buruk untuk kesehatan. Meski begitu, bukan berarti Anda tidak bisa berolahraga di luar ruangan saat Polusi Udara.

Ini Waktu yang Tepat Berolahraga di Tengah Polusi Udara

Maria mengatakan, pemilihan waktu yang tepat jadi kunci utama agar Anda bisa tetap berolahraga di luar ruangan saat polusi melanda. Misalnya, menggeser waktu olahraga dari yang semula dilakukan sekitar pukul 07.00 WIB, digeser menjadi lebih pagi.

“Bisa setelah subuh, sekitar pukul 05.00 WIB. Di waktu ini kualitas udara cenderung masih bersih,” katanya.

Ini Waktu yang Tepat Berolahraga di Tengah Polusi UdaraSemakin pagi waktu olahraga, udara yang didapat bisa jadi lebih bersih. Mengingat saat pagi hari orang belum banyak yang keluar rumah.

Baca Juga: 5 Manfaat Terapkan Moderate Red Wine Consumption

“Makin siang, kendaraan makin ramai. Jadi polusi menyebar. Beda lagi kalau olahraga subuh, udara masih tergolong bersih,” kata dia.

Maria juga mengingatkan waktu terbaik untuk berolahraga sebenarnya tergantung pada masing-masing individu. Jika tubuh memang dirasa sehat dan mampu melakukan berbagai aktivitas maka ini bisa jadi waktu yang tepat untuk olahraga.