Islandia Kembali Jadi Negara Teraman di Dunia 2023, Ini Faktornya

147
Islandia Kembali Jadi Negara Teraman di Dunia 2023, Ini Faktornya

Islandia kembali terpilih sebagai negara teraman di dunia 2023. Ini merupakan yang ke-17 kalinya negara Islandia mendapat predikat negara teraman di dunia. Apa sebenarnya negara Islandia secara beruntun dijuluki sebagai negara teraman di dunia.

Global Peace Index dari Institute of Economics and Peace secara rutin setiap tahunnya merilis daftar negara teraman di dunia. Beberapa faktor dalam penilaiannya seperti kejahatan dengan kekerasan, terorisme, konflik internasional, serta keamanan dan bahaya sosial.

Sejak 17 tahun terakhir hingga di tahun ini, negara Islandia selalu memenangi sebagai negara teraman di dunia. Ada sejumlah faktor yang membuat Islandia menjadi negara teraman, diantaranya dari tingkat kriminal di Islandia yang sangat rendah, sampai perilaku anti-sosial yang rendah.

Hal inilah yang membuat usia rata-rata penduduk di Islandia panjang hingga mencapai usia 83 tahun. Warga Islandia juga tak lepas sebagian besar kehidupannya menyatu dengan alam.

Islandia Kembali Jadi Negara Teraman di Dunia 2023, Ini Faktornya

Tak ayal, pemandangan alam yang menakjubkan pun tergambar di setiap sudut Islandia. Salah satu yang banyak menarik perhatian adalah Pantai Pasir Hitam.

Baca Juga: Bamboo Dome di Bali Masuk Daftar Gedung Terbaik di Dunia

Selain Islandia, juga ada beberapa negara yang menempati daftar negara teraman di dunia tahun 2023 versi Global Peace Index. Berikut ini daftarnya:

  1. Islandia
  2. Denmark
  3. Irlandia
  4. Selandia Baru
  5. Austria
  6. Singapura
  7. Portugal
  8. Slovenia
  9. Jepang
  10. Swiss