Jakarta Masuk Daftar World’s Best Cities 2023

4

Kota Jakarta baru-baru ini masuk dalam daftar 100 kota terbaik di dunia 2023 atau World’s Best Cities 2023. Hal ini berdasarkan riset dari Resonance Consultancy, perusahaan konsultasi global untuk real estate, pariwisata, dan pembangunan ekonomi.

World’s Best Cities 2023 versi Resonance Consultancy, menempatkan Jakarta diurutan ke-89. Kota Jakarta mengalahkan kota-kota di berbagai belahan dunia, seperti Nagoya, Sendai, Marseille hingga Stuttgart.

“Berada di sisi pantai utara Pulau Jawa, Jakarta dan ‘konserto’ kekacauan perkotaan sehari-harinya (concerto of daily urban chaos) perlu dilihat secara langsung untuk dapat dipercayai… sayangnya karena kota ini mungkin tidak akan ada lagi,” bunyi isi laporan World’s Best Cities 2023, dikutip dari laman resminya.

Peringkat 100 kota terbaik di dunia 2023 ini dipilih berdasarkan enam pilar. Keenam pilar yang dimaksud adalah Place (lokasi), Product (infrastruktur), Programming (program atau acara di sebuah kota), People (penduduk dan pendatang), Prosperity (kesejahteraan warga negaranya), dan Promotion (bagaimana suatu kota dipromosikan, misalnya lewat media sosial).

Kota Jakarta sendiri mendapatkan angkat 72 untuk Place, 98 untuk Product, 94 untuk Programming, 184 untuk People, 130 untuk Prosperity, dan 21 untuk Promotion.

Kota dengan peringkat pertama dalam daftar 100 kota terbaik di dunia 2023 adalah London, Inggirs. Kemudian, diperingkat kedua ada Paris, Perancis dan disusul setelahnya New York, Amerika Serikat.

 

Penulis: Rifqi Fadhillah

Share it