Jokowi Minta Urusan Olahraga dan Politik Jangan Dicampuradukkan

176
Jokowi Minta Urusan Olahraga dan Politik Jangan Dicampuradukkan

Isu mengenai keikutsertaan timnas Israel di Piala Dunia U-20 di Indonesia akhirnya turut ditanggapi oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Jokowi meminta bahwa jangan mencampuradukkan urusan olahraga dengan politik.

Polemik Piala Dunia U-20 di Indonesia kian menjalar hingga membuat Presiden jokowi turun tangan. Hal tersebut berawal dari batalnya drawing Piala Dunia U-20 yang direncanakan diadakan di Bali oleh FIFA, karena penolakan terhadap Israel.

Jokowi Minta Urusan Olahraga dan Politik Jangan Dicampuradukkan

Indonesia pun terancam sanksi dari FIFA akibat batalnya drawing Piala Dunia U-20. Selain itu, publik juga semakin mempertanyakan mengenai status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20.

Masalah yang kian berlarut ini, membuat Presiden Jokowi ikut buka suara. Jokowi mengungkapkan bahwa Indonesia tetap mendukung penuh kemerdekaan bangsa Palestina. Di satu sisi, tetap urusan olahraga dengan politik jangan dicampuradukkan.

“Dalam urusan Piala Dunia U-20 ini kita sependapat dengan Duta Besar Palestina untuk Indonesia bahwa FIFA memiliki aturan yang harus dipenuhi anggotanya. Jadi, jangan mencampuradukkan urusan olahraga dengan urusan politik,” kata Presiden Jokowi dalam konferensi pers via akun Youtube Sekretariat Presiden.

“Saya menjamin keikutsertaan Israel tidak ada kaitannya dengan konsistensi posisi politik luar negeri kita kepada Palestina. Karena, dukungan kita kepada Palestina selalu kokoh dan kuat,” imbuhnya.

Baca Juga: Demi Piala Dunia U-20, Erick Thohir Terbang ke Markas FIFA

Jokowi pun mengutus Erick Thohir untuk langsung terbang ke markas FIFA di Zurich, Swiss. Ia berharap agar Erick dapat menyelesaikan polemik yang sedang terjadi saat ini.

“PSSI mash terus berusaha mencari solusi terbaik. Saya telah mengutus Ketum PSSI Erick Thohir untuk bertemu dengan tim FIFA untuk cari penyelesaian yang terbaik,” tegasnya.