Kena Macet di Jalan Saat Buka Puasa? Ini Tips Amannya

199
Kena Macet Saat Berbuka Puasa? Ini Tips Amannya

Bagi para masyarakat yang bekerja di perkantoran, waktu berbuka puasa selalu berbenturan dengan waktu pulang ke rumah dikarenakan terjebak macet di jalanan. Alhasil, berbuka puasa pun dilakukan saat sedang dalam perjalanan pulang.

Sebenarnya berbuka puasa saat sedang mengemudi tidak diperbolehkan. Hal tersebut dapat mengganggu konsentrasi pengemudi serta dapat membahayakan pengemudi dan pengendara lainnya di jalan.

Berikut ini tips berbuka puasa yang aman ketika sedang terjebak macet di jalan.

Menepi

Kena Macet Saat Berbuka Puasa? Ini Tips Amannya

Apalagi adzan maghrib telah berkumandang menandakan waktu untuk berbuka puasa, sebaiknya Anda langsung menepi sejenak di pinggir jalan. Tidak direkomendasikan membatalkan puasa dengan minum atau makan takjil saat mengemudi.

Makan atau minum saat sedang dalam perjalanan dapat menganggu kosentrasi pengendara. Usahakan berhenti sejenak apabila ingin langsung membatalkan puasa.

Siapkan Menu Berbuka

Kena Macet Saat Berbuka Puasa? Ini Tips Amannya

Jika Anda membawa kendaraan pribadi, sebaiknya selalu siapkan takjil, minuman, atau makanan ringan untuk membatalkan puasa. Ketika menepi saat adzan maghrib berkumandang, Anda pun tak pusing lagi untuk mencari-cari takjil.

Diusahakan makanan yang dibawa untuk berbuka berupaka makanan ringan, seperti roti ataupun biskuit. Hal tersebut supaya dapat praktis dibawa di kendaraan.

Baca Juga: Astronaut Muslim Rayakan Bulan Ramadan di Luar Angkasa

Cari Tempat Makan Terdekat

Kena Macet Saat Berbuka Puasa? Ini Tips Amannya

Atur jarak estimasi dari kantor Anda ke tempat makan terdekat. Hal ini dilakukan agar Anda tidak perlu mencari tempat untuk menepi lagi apabila sedang dalam kemacetan di jalan.

Dengan menentukan tempat makan terdekat yang bisa Anda singgahi sambil menunggu waktu berbuka puasa, akan membuat Anda tidak dipusingkan untuk berbuka puasa dengan makanan atau minuman apa saat di jalan.