Kenali kode etik di Gym

279

Setiap lokasi beraktivitas, apalagi di ruangan tertutup dan banyak dikunjungi orang memiliki etika tersendiri yang secara tidak tertulis perlu diperhatikan. Tak terkecuali di gym.

Terkadang, bagi yang baru pertama kali berlatih di gym, ada rasa takut terlihat amatir dan merasa minder berada di tengah-tengah para gym rat yang tampak sudah ahli.

Jika Anda merasakan hal yang sama, perlu diketahui etika berada di gym agar merasa nyaman dan mendapatkan manfaat maksimal. Hal yang pertama perlu dilakukan adalah bersosialisasi, sisanya ada di pembahasan berikut ini:

Jangan malu bertanya apa yang dilakukan orang lain di gym

Bertanya adalah cara yang tepat untuk meningkatkan pengetahuan Anda. Tapi, pastikan Anda bertanya di waktu yang tepat, misalnya saat mereka sedang beristirahat. Dan pastikan pertanyaan Anda langsung pada intinya.

Bersihkan peralatan gym setelah selesai digunakan

Pastikan Anda selalu membawa handuk, satu untuk menyeka keringat Anda dan satu lagi untuk membersihkan peralatan yang telah selesai Anda gunakan dari keringat.

Gym adalah tempat berkembang biak yang ideal bagi kuman karena kondisinya yang lembab. Karena itu, kebersihannya harus terjaga dengan baik.

Kembalikan dumbbell yang sudah selesai digunakan

Semua alat memiliki tempat berdasarkan kelompoknya. Anda harus selalu mengembalikannya seperti semula. Ini juga akan membantu Anda menemukan alat tersebut jika ingin menggunakannya lagi.

Jika Anda ragu tempatnya, tanyakan pada pegawai gym. Jangan digeletakkan begitu saja.

Apa artinya jika ada seseorang bertanya apakah dia bisa berlatih bersama saya?

Pada jam sibuk, ada banyak antrian di setiap peralatan gym. Oleh karena itu, sangat membantu jika Anda bisa berlatih bersama.

Berlatih bersama berarti memungkinkan orang lain untuk menggunakan mesin bergantian atau menggunakan mesin yang sedang Anda gunakan sebentar selama Anda beristirahat antar set.

Hal ini adalah sesuatu yang umum. Ini juga menjadi kesempatan yang baik bagi Anda untuk belajar dari orang itu.

Apa artinya jika seseorang bertanya kepada saya untuk melakukan ‘spot‘?

Spot‘ secara sederhana artinya adalah permintaan bantuan agar mereka bisa menyelesaikan set latihan yang berisiko jika dilakukan sendiri. Tanyakan kepada mereka apa yang ingin mereka lakukan.

Biasanya kasus ini terjadi saat ingin berlatih di bench press. Anda akan dimintai tolong untuk berdiri di belakang bench press dan mengawasinya saat dia berlatih agar terhindar dari kecelakaan yang tak diinginkan.

Anda juga dapat meminta bantuannya saat melakukan gerakan yang sama.

Sekarang Anda tak perlu minder lagi berlatih di gym, Brava Listeners!

Brava Listeners, terus dengarkan Brava Radio di 103.8 FM atau bisa melalui streaming di sini.

[Sumber: Fitness for Men | Foto: Fitvation.com]

Baca juga:
Makanan yang bisa dikonsumsi saat sakit gigi
Kolaborasi Zenith dan Land Rover
Penyebab dan penanganan konstipasi

Share it