Kota Paling Cepat Tenggelam di Dunia, Ada Semarang & Jakarta

366
Kota Paling Cepat Tenggelam di Dunia, Ada Semarang & Jakarta

Penelitian yang dipublikasikan oleh Geophysical Research Letters baru-baru ini mengungkap daftar kota paling cepat tenggelam di dunia. Ada nama kota dari Indonesia, yakni Semarang dan Jakarta yang masuk daftar tersebut.

Kota diurutan pertama yang paling cepat tenggelam adalah Tianjin, China. Berdasarkan penelitian Geophysical Research Letters, tanah di Tianjin mengalami penurunan hingga 5,22 cm per tahun sejak 2015-2020.

Posisi kedua ditempati kota Semarang, Indonesia sebagai kota paling cepat tenggelam di dunia. Tanah di Semarang mengalami rata-rata penurunan 3,96 cm per tahun.

Kota Paling Cepat Tenggelam di Dunia, Ada Semarang & Jakarta

Lalu, posisi ketiga diduduki Ibu kota Jakarta. Penurunan tanah di Jakarta berada di angka 3,44 cm per tahun. Kemudian disusul kota Shanghai, China, dengan 2,94 cm penurunan tanah per tahun,

Penulis penelitian mengungkap faktor yang menyebabkan penurunan tanah di sejumlah kota adalah karena penggunaan air tanah yang masif. Sebagian besar kota-kota yang masuk dalam daftar kota paling cepat tenggelam di dunia ini memiliki jumlah penduduk yang besar atau area industrial.

Baca Juga: Sambut Ramadan, Luhut Sebut Kasus Covid-19 Terkendali

Selain itu, faktor perubahan iklim juga mempengaruhi kenaikan level permukaan air laut. Perencanaan tata kota yang tidak baik juga menjadi faktor penurutnan daratan.

Upaya yang bisa dilakukan untuk menekan laju penurunan tanah, salah satunya dengan memperbaiki tata kota. Penggunaan air tanah yang baik juga dapat menstabilkan dari permukaan tanah.