Mengapa Yunani Dijuluki Negeri Para Dewa? Ini Alasannya

667
Mengapa Yunani Dijuluki Negeri Para Dewa? Ini Alasannya

Yunani disebut sebagai ‘Negeri Para Dewa’. Namun, apakah Brava Listeners mengetahui mengenai alasan Yunani disebut sebagai negeri para dewa?

Peradaban di Yunani kental dengan kepercayaan terhadap mitologi para dewa. Hal ini berawal dari peradaban Yunani Kuno yang sudah ada pada abad 6 SM.

Mengapa Yunani Dijuluki Negeri Para Dewa? Ini Alasannya

Dilansir dari The British Museum, dalam kepercayaan yang dianut dalam peradaban Yunani Kuno mempunyai dewa dan dewi yang dihormati (politeisme). Dewa dewi tersebut merupakan pembawa kekuatan dan keberuntungan yang dipercayai oleh orang Yunani Kuno.

Terdapat 12 dewa dewi yang dipercaya masyarakat Yunani yang dikenal dengan ‘Twelve Olympians’. Dalam mitologi Yunani, Olympus adalah gunung yang memiliki kekuatan spiritual serta tempat pertemuan langit dan bumi.

Mengapa Yunani Dijuluki Negeri Para Dewa? Ini Alasannya

Ada Zeus, Poseidon, Ares, Hera, Hermes, Aphrodite, Athena, Apollo, Hephaestus, Artemis, Hestia dan Demeter.  Orang Yunani mempercayai Zeus adalah penguasa Olimpus.

Masing-masing dewa dewi Yunani memiliki kemampuan khusus, seperti Zeus yang disebut mampu mengendalikan langit dan bumi, Poseidon sebagai dewa yang mampu mengendalikan lautan dan dunia bawah laut dan Hermes dewa pengantar pesan, penunjuk jalan.

12 dewa dewi utama Yunani ini tinggal di puncak Gunung Olympus. Masing-masing dari dewa dewi memiliki istana yang terdapat di gunung Olimpus.

Baca Juga: Jelang Piala Dunia U-20, FIFA Akan Pasang VAR di 6 Stadion Indonesia

Hingga kini masyarakat Yunani mempercayai mitos dan legenda mengenai dewa dewi Yunani. Itulah sebabnya, Yunani hingga sekarang dikenal sebagai ‘Negeri Para Dewa’.