Mengetahui Arti Warna Dari Luka Memar

110
Mengetahui Arti Warna Dari Luka Memar

Luka memar ternyata bisa dilihat tingkat keparahannya dari warna pada kulit, Brava Listeners. Luka ini menandai cedera saat melakukan aktivitas sehari-hari seperti terbentur benda keras sampai terkilir.

Memar sendiri merupakan kondisi ketika luka pada area kulit berupa perubahan warna kulit yang terjadi ketika pembuluh darah di bawah kulit pecah.

Pada sebagian besar kasus, memar biasanya menghilang setelah 2 minggu. Namun terkadang, memar juga bisa hilang lebih cepat.

Mengetahui Arti Warna Dari Luka Memar

Jika memar masih terlihat lebih dari 2 minggu, maka pemeriksaan ke dokter perlu dilakukan, Brava Listeners.

Walaupun umumnya tidak berbahaya, memar dengan kondisi parah bisa dikenali dari warna tertentu. Supaya lebih jelas, kenali perbedaan warna-warna memar di bawah ini.

Merah atau ungu

Warna ini biasanya muncul di fase pertama cedera yang bisa menyebabkan rasa nyeri. Memar mungkin bisa disertai bengkak akibat darah yang mengumpul di bawah jaringan kulit.

Biru atau kehitaman

Jika memar berwarna biru atau kehitaman, menandakan bahwa faktor yang menyebabkan memar lebih dari dua hari alias telat menyadari luka.

Kehijauan atau kuning

Kemudian, memasuki hari ke-5 hingga ke-10, warna memar bisa terlihat hijau atau kuning.

Kecoklatan

Setelah 10—14 hari, warna memar mungkin terlihat coklat muda dan akan mulai memudar yang menandakan bahwa luka akan segera pulih serta rasa sakit mulai menghilang.

Mengetahui Arti Warna Dari Luka Memar

Baca Juga: Hari Jantung Sedunia 2023: Use Heart, Know Heart

Pengobatan pertama saat terjadi memar adalah dengan membatasi pergerakan otot pada bagian tubuh yang mengalami memar.

Kemudian oleskan kompresan es selama 20 menit. Ulangi beberapa kali selama satu atau dua hari setelah cedera.