Menyeimbangkan latihan

11

Menyeimbangkan Latihan

Sebenarnya, apa itu overtraining?

Ini topik yang sering disalahpahami. Ini bukan soal latihan berlebihan, tapi tentang kurangnya waktu pemulihan – ada perbedaan besar. Apa yang kami sebut ‘overtraining’ adalah apa yang terjadi ketika pemulihan di antara latihan tidak tercukupi. Ini membuat level latihan Anda tak maksimal sehingga tidak membuat kemajuan.

Bagaimana saya tahu jika saya overtrained?

Beberapa tandanya antara lain: terus-menerus merasa lelah, performa menurun tanpa sebab, insomnia, depresi, libido menurun, nyeri otot kronis dan gampang sakit. Ketika mengalami ini, Anda harus berhenti latihan selama beberapa minggu, bahkan berbulan-bulan. Melawan gejala ini hanya akan memperburuk keadaan. Jadi, pencegahan lebih baik daripada penyembuhan.

Bagaimana saya menghindarinya?

Tergantung apa yang Anda lakukan di gym. Atur dan kendalikan intensitas latihan Anda. Mengerahkan 100% kemampuan saat berlatih sangat tidak direkomendasikan. Melakukan kesalahan atau mencoba mengalahkan personal best setiap kali berada di gym hanya akan menghancurkan diri Anda.

Pastikan rencana latihan Anda terstruktur ditambah dengan waktu istirahat yang cukup di antara latihan. Bila Anda merasa tak sehat, jangan paksakan untuk berlatih. Jadikan itu peringatan bahwa Anda sudah cukup lelah. Kenali dan dengarkan tubuh Anda sendiri.

Bagaimana saya tahu jika perlu istirahat?

Ketika Anda merasa lemas hari demi hari, segera hentikan latihan! Ada dua pilihan jika ini terjadi. Pertama, Anda bisa menurunkan volume atau intensitas latihan dalam seminggu. Kedua, istirahat penuh – terutama saat gejala overtraining Anda parah. Jangan meremehkan pilihan kedua – istirahat penuh atau Anda kehilangan tenaga!

Apa lagi yang bisa saya lakukan?

Pastikan latihan Anda bervariasi mulai dari jenis latihan dan cara Anda melakukannya. Contohnya, banyak orang menambah beban sebagai satu-satunya jalan untuk meningkatkan latihan kekuatan, ini tidak benar. Ada banyak cara untuk memastikan kemajuan latihan Anda. Misalnya meningkatkan repetisi, menambah set, mengurangi istirahat (antar set) dan mengembangkan gerakan latihan.

Apa yang bisa saya lakukan di luar gym?

Pastikan Anda cukup makandan mendapatkan vitamin berikutnutrisi darisayur-sayuranserta mendapatkan protein dengan mengonsumsi daging.Pastikan waktu tidur Anda cukup.BilaAnda berlatih keras, tidurlahminimal delapan jam di malam hari.

Bagaimana jika keadaan terlanjur memburuk?

Jika Anda benar-benar lelah dan tidak mampu melanjutkan latihan, berhenti dan beristirahatlah untuk memulihkan tubuh. Pergilah ke sauna atau pijat. Selanjutnya, istirahat seserius Anda berlatih. Ini akan membuat Anda lebih baik.

 

Source: Fitness For Men

 

Baca juga:
Sneakers bergaya trendi dari Tod’s
Jus sehat penurun berat badan
Cara tepat menyantap kaviar

 

 

Share it