MINI John Cooper Works Rally model 2017

28

MINI baru saja memperkenalkan MINI John Cooper Works Rally model 2017. Mobil ini ditetapkan sebagai mobil andalan MINI yang bersaing di sejumlah balap reli jarak jauh pada tahun depan, dimulai dari Dakar.

MINI John Cooper Works Rally mengambil dasar dari MINI Countryman. MINI mengembangkan mobil ini bersama dengan mitranya, X-raid.

Selain berkompetisi di Dakar, mobil ini juga akan menantang kompetitornya di Silk Way Rally pada 2017.

MINI John Cooper Works Rally ditenagai oleh mesin diesel 3.0 liter enam silinder turbo dari model BMW yang telah dimodifikasi.

Mesin tersebut mampu menyemburkan tenaga hingga 340 daya kuda pada 3.250 rpm dan torsi maksimal 800 Nm pada 1.850 rpm.

MINI mengatakan, mesinnya telah dioptimalkan oleh sistem manajemen mesin baru, untuk mengurangi konsumsi bahan bakar dan masih tetap mempertahankan kekuatannya pada ketinggian.

Mesin dikawinkan dengan transmisi enam percepatan dari Sadev dengan kopling AP Racing.

Mobil ini juga hadir dengan diferensial belakang dengan Sadev centrifugal diff. Melengkapi keganasan mobil ini, sistem knalpot dari Akrapovic diterapkan.

Tak hanya perubahan signifikan pada sektor mesinnya, MINI John Cooper Works Rally juga hadir dengan desain khas mobil balap untuk mengurangi hambatan udara sehingga membuat mobil aerodinamis.

Selain itu, beberapa upgrade pada mobil ini termasuk air intake di atap, serat karbon struktur sarang lebah dan Kevlar pada bagian bawah kendaraan.

Di bagian bawah juga terdapat roda cadangan dan dua lift hidrolik.

Untuk bagian suspensi, MINI John Cooper Works Rally dilengkapi dengan sistem dari Reiger Racing Suspension yang menggabungkan dua adjustable damper pada setiap roda.

Ada juga rem kaliper enam piston dengan cakram baja 320 mm.

Brava Listeners, terus dengarkan Brava Radio di 103.8 FM atau bisa melalui streaming di sini. [teks Rangga Rahadiansyah/sumber detik.com | foto drivespark.com]

BACA JUGA :

X-Cat Disc Sepatu Kolaborasi Puma & BMW
Kohler meluncurkan boutique showroom pertama
Pengalaman traveling ala Shangri-La dan Singapore Airlines

Share it