Minyak Zaitun Bisa Kurangi Risiko Kematian Akibat Demensia

55
Minyak Zaitun Bisa Kurangi Risiko Kematian Akibat Demensia

Siapa sangka jika minyak zaitun punya khasiat jitu yang bisa mengurangi risiko kematian akibat demensia, Brava Listeners!

Para ilmuan mengungkapkan bahwa minyak zaitun telah lama dianggap sebagai contoh ‘makanan super’ yang dapat membantu Anda hidup lebih lama ketika dikonsumsi sebagai bagian dari diet sehat.

Dalam sebuah studi yang dilakukan oleh para peneliti di Harvard dibuat pada saat banyak negara menghadapi peningkatan penyakit Alzheimer dan bentuk demensia lainnya, di tengah-tengah populasi yang menua.

Minyak Zaitun Bisa Kurangi Risiko Kematian Akibat Demensia

Studi ini dipresentasikan pada pertemuan tahunan American Society for Nutrition di Boston.

Dengan menggunakan minyak zaitun sebagai pengganti lemak seperti margarin dan mayones komersial dapat mengurangi risiko kematian akibat demensia.

Demensia sendiri mencakup berbagai kondisi yang mempengaruhi daya ingat dan kemampuan mental lainnya yang bisa mengganggu kehidupan sehari-hari. Kondisi ini disebabkan oleh perubahan fisik pada otak, dengan penyakit Alzheimer sebagai jenis yang paling umum.

Ilmuwan telah menganalisis kuesioner pola makan dan catatan kematian lebih dari 90 ribu warga AS selama tiga dekade. Dari jumlah tersebut, 4.749 orang tercatat meninggal karena demensia.

Baca Juga: Singapura Haramkan Tamu Hotel Bawa Durian ke Kamar

Mereka menemukan bahwa orang yang mengonsumsi lebih dari setengah sendok makan minyak zaitun setiap hari memiliki risiko 28 persen lebih rendah untuk meninggal akibat demensia dibandingkan dengan mereka yang tidak pernah atau jarang mengonsumsi minyak zaitun.

Melansir Healthline, studi ini menunjukkan bahwa mengganti satu sendok teh margarin atau mayones dengan minyak zaitun setiap hari juga dikaitkan dengan penurunan risiko kematian akibat demensia antara 8-14 persen.