Penjelasan Penderita Rabies Takut Kena Air

63
Penjelasan Penderita Rabies Takut Kena Air

Brava Listeners, belakangan ini Indonesia diramaikan peningkatan kasus rabies di sejumlah wilayah. Sejumlah video pasien rabies pun ramai di media sosial.

Kebanyakan dari video pasien rabies menampilkan penderita yang takut terhadap air. Sehingga banyak orang bertanya-tanya, mengapa hal tersebut bisa terjadi?

Penjelasan Penderita Rabies Takut Kena Air

Mengutip dari Medical News Today, Rabies adalah penyakit yang disebabkan oleh paparan virus. Viru rabies akan menyerang sistem saraf pusat inangnya. Pada manusia, virus ini dapat menyebabkan berbagai gejala yang melemahkan.

Gejala-gejala termasuk kondisi cemas dan kebingungan, kelumpuhan parsial, agitasi, dan halusinasi. Pada fase-fase terakhirnya, menimbulkan gejala yang disebut hidrofobia atau rasa takut terhadap air.

Hirofobia membuat penderitanya panik bahkan ketakutan saat melihat air dan tidak mau minum. Gejala ini menjadi yang terparah, tak jarang penderita akan berakhir dengan kematian.

Penjelasan Penderita Rabies Takut Kena Air

Bukan tanpa sebab, hidrofobia pada rabies disebabkan oleh rasa sakit yang luar biasa pada penderitanya ketika menelan cairan, termasuk air dan air liur.

Dengan begitu, penderita merasa kejang hebat di tenggorokan saat seseorang mencoba menelan. Kejang pun bahkan bisa muncul saat seorang pasien memikirkan menelan air sehingga terlihat seperti seseorang yang takut akan air.

Sebenarnya, rabies tak menyebabkan seseorang ketakutan pada air secara langsung. Rasa takut tersebut muncul akibat rasa nyeri yang dialami pasien. Rasa nyeri ini juga yang membuat hewan yang terkena rabies kerap mengeluarkan air liur.

Baca Juga: Epidemiolog Wanti-wanti Penyakit Lain Selain Covid-19

Di tahap selanjutnya, rabies dapat membuat otot-otot menjadi lumpuh. Rasa sakit yang dirasakan penderita saat menelan cairan, termasuk air liur, disebabkan oleh ketidakmampuan otot-otot yang bertanggung jawab untuk mengontrol proses menelan.

Berikut ini beberapa gejala rabies yang perlu Anda ketahui

  • demam,
  • badan lemas dan lesu,
  • tidak nafsu makan,
  • insomnia,
  • sakit kepala hebat,
  • sakit tenggorokan,
  • cemas,
  • mulai timbul fobia seperti hidrofobia (takut air), aerofobia (takut udara), dan fotofobia (takut cahaya).

Tetap selalu jaga kesehatan Anda pun hewan peliharan Brava Listeners!