Pindah Haluan, Sekutu Lama Rusia Kini Dukung Ukraina

31
Pindah Haluan, Sekutu Lama Rusia Kini Dukung Ukraina

Dukungan kini diberikan oleh sekutu lama Rusia, Armenia, kepada Ukraina. Armenia berbelok haluan mendukung Ukraina untuk pertama kalinya sejak Rusia menginvasi Ukraina Februari 2022 lalu.

Alasan Armenia kini berpindah haluan ke Ukraina, karena Rusia dinilai tak mampu menangani agresi Azerbaijan terhadap negara mereka. Oleh karena itu, Armenia pun merasa frustasi dan kini membantu Ukraina.

Perdana Menteri Armenia, Nikol Pashinyan mengungkapkan keyakinan diawal-awal terhadap Rusia yang mampu menjaga pertahanan negara Armenia. Namun, situasi saat ini berubah dengan Rusia tak lagi membantu mereka.

Pindah Haluan, Sekutu Lama Rusia Kini Dukung Ukraina

“Arsitektur keamanan Armenia 99,99 persen terkait dengan Rusia,” kata Pashinyan pada awal September lalu ke media Italia.

“Tapi, hari ini kami melihat bahwa Rusia sendiri membutuhkan senjata. Rusia tak bisa memenuhi kebutuhan Armenia bahkan jika mereka mau.” ujarnya.

Baca Juga: Elton John Resmi Pensiun dari Tur Konser

Armenia sendiri telah menjadi sekutu Rusia sejak ratusan tahun lalu atau sejak penaklukan Kekaisaran Rusia ke Kaukasus pada 1817-1864. Kepercayaan Armenia diberikan pada Rusia dalam sektor keamanan sejak Uni Soviet runtuh.

Armenia pun juga sempat melakukan segala upaya yang diperintahkan Rusia dengan menghentikan mereka menuju integrasi Eropa pada 2013.