Sejarah! Semua Laga Piala Asia 2023 Akan Gunakan VAR

20
Sejarah! Semua Laga Piala Asia 2023 Akan Gunakan VAR

Secara resmi Federasi Sepakbola Asia (AFC) mengumumkan Piala Asia 2023 akan menggunakan Video Assistant Referee (VAR). Semua laga yang dipertandingkan di Piala Asia 2023 akan memakai VAR, termasuk laga yang akan dijalani timnas Indonesia.

Untuk pertama kalinya, VAR akan digunakan secara penuh dari awal laga penyisihan grup Piala Asia 2023. Sebelumnya, VAR juga telah digunakan di Piala Asia 2019, namun hanya saat babak perempat final.

“Sejarah akan tercipta ketika sistem Video Assistant Referee (VAR) akan melakoni debut penuhnya di Qatar setelah kesuksesan implementasi teknologi ini sejak perempat final (Piala Asia 2019) di Uni Emirat Arab,” tulis pernyataan resmi AFC.

“Dengan waktu yang kurang dari empat bulan lagi menuju Piala Asia 2023 di Qatar, akan ada jumlah match official terbanyak sejumlah 74 orang untuk memimpin laga (Piala Asia 2023) yang dijadwalkan pada 12 Januari – 10 Februari 2024.” lanjutnya.

Sejarah! Semua Laga Piala Asia 2023 Akan Gunakan VAR

Selain itu, ajang Piala Asia 2023 untuk pertama kalinya dalam sejarah akan menggunakan ofisial wanita dalam memimpin jalannya laga.

“Wasit paling berpengalaman Alireza Faghani juga akan memimpin Piala Asia untuk kali ketiga, juga dengan wasit asal Qatar Abdulrahman Al-Jassim, yang memimpin laga perebutan posisi ketiga antara Kroasia dan Maroko di Piala Dunia 2022,” tulis AFC.

“Untuk pertama kalinya juga, ofisial wanita juga akan melakoni debutnya di ajang paling prestius (di Asia) yakni Yoshimi Yamashita dari Jepang, merupakan salah satu dari total enam wanita yang sebelumnya mengukir sejarah di Piala Dunia 2022.” tambahnya.

Baca Juga: Golf Indonesian Masters 2023 Digelar November, Total Hadiah 21 Miliar

Timnas Indonesia sendiri akan turut serta di ajang Piala Asia 2024. Ini merupakan pertama kalinya skuad Garuda kembali mengikuti perhelatan akbar sepakbola Asia setelah absen di tiga edisi sebelumnya.

Timnas Indonesia tergabung di Grup D bersama Jepang, Irak, dan Vietnam.