Semua Hal yang Perlu Anda Ketahui Tentang Yoga

25
Semua Hal yang Perlu Anda Ketahui Tentang Yoga

Tahukah Anda bahwa tepat pada hari Rabu, 21 Juni 2023 dirayakan sebagai hari Yoga Internasional? Kali ini Brava Radio akan mengajak Anda mengenal lebih jauh tentang yoga.

Usia yoga lebih dari 500 tahun

Yoga ternyata sudah ada sejak zaman dahulu, catatan pertama tentang yoga ada di Rig Veda (weda). Teks ini disusun antara tahun 1500 dan 1000 SM. Terlepas dari sejarahnya yang panjang, yoga baru diperkenalkan ke dunia barat pada abad ke-18.

Identik dengan teknik pernapasan

Jenis olahraga satu ini identic dengan latihan pernapasan serta gerakan-gerakan santai. Sebagian orang menganggap yoga adalah latihan yang tidak hanya fisik, melainkan turut menggali sisi spiritual seseorang.

Realisasi diri

Semua Hal yang Perlu Anda Ketahui Tentang Yoga

Tujuan asli Yoga ialah untuk realisasi diri, Brava Listeners. Sutra Yoga Patanjali mengatakan bahwa realisasi diri berarti membebaskan diri dari pikiran dan semua penderitaan untuk mencapai pencerahaan, kebebasan, dan kedamaian batin.

Jumlah napas menentukan usia

Para yoga kuno mempercayai bahwa laju pernapasan menentukan umur seseorang. Mereka percaya bahwa manusia hanya memiliki sejumlah napas dalam hidupnya.

Dengan bernapas lebih lambat, Anda dapat ‘menyimpan’ napas dan hidup lebih lama. Ahli yoga mengungkapkan bahwa orang yang mengambil 15 napas per menit bisa hidup hingga 84 tahun.

Baca Juga: Penjelasan Penderita Rabies Takut Kena Air

Yoga mengubah struktur otak

Semua Hal yang Perlu Anda Ketahui Tentang Yoga

Selanjutnya Yoga diyakini bisa mengatur ulang jalur saraf di otak yang berkaitan dengan perilaku, kebiasaan, hingga pikiran.

Yoga juga terbukti memperkuat bagian otak yang berhubungan dengan memori, perhatian, kesadaraan, pemikiran, hingga bahasa.