Sepatu Nike Cortez Forrest Gump Dilelang Hingga Ratusan Juta

15

Sepatu Nike Coretz, yang dipakai oleh aktor tom Hanks dalam film Forrest Gump, dilelang dengan harga yang sangat tinggi.

Sneakers Nike Cortez dilelang oleh balai Heritage Auctions dan terjual dengan mahar sebesar 57.000 USD atau sekitar 914 juta rupiah.

Dalam film tersebut, tokoh utama film yang diperankan oleh Tom Hanks ini diberikan sneaker Cortez oleh teman masa kecilnya, Jenny Curran (diperankan oleh Robin Wright).

Dalam foto-foto yang dibagikan oleh pihak balai lelang, sepatu tersebut sudah compang camping, dengan bekas lecet tebal menutupi bagian atas yang terbuat dari kulit putih bersih dan lubang-lubang di bagian jari kaki.

Jahitan di logo Swoosh di bagian samping Nike Coretz itu juga sudah terlepas. 

Sepatu Nike Cortez Forrest Gump Dilelang Hingga Ratusan Juta

Salah satu dari beberapa sneaker Nike Cortez yang dipakai oleh Hanks selama syuting tercantum dalam daftar tersebut. Semua sepatu kets yang dilelang berasal dari Paramount Pictures dan disertai dengan sertifikat keaslian dari Heritage.

Sebuah pasang sepatu Nike Cortez lainnya yang juga digunakan dalam film Forrest Gump, yang diidentifikasi melalui foto saat karakter berada di halte bus, terjual dalam sebuah lelang pada tahun 2019. Sepasang tersebut, bersama dengan kaus kaki yang sesuai, terjual dengan harga hampir 30 ribu dolar AS (setara dengan sekitar Rp477 juta dengan kurs saat itu).

Dengan memperhatikan detailnya secara langsung, jelas terlihat bahwa kedua pasang Nike Cortez ini adalah dua pasangan yang berbeda.

Sebagai salah satu model tertua dari merek Nike, bahkan sebelum perusahaan yang berbasis di Beaverton, Oregon, AS, itu mengadopsi nama Nike, Cortez memiliki warisan yang kaya dalam budaya pop.