5 Kegiatan ampuh untuk membakar kalori

23

Para peneliti dari Loughborough University tengah melakukan penelitian mengenai efek olahraga bagi penderita diabetes tipe 2, namun selain menemukan hasil yang diharapkan, mereka juga menemukan fakta bahwa berendam air hangat memiliki manfaat yang sama untuk membakar kalori, setara dengan berjalan kaki selama 30 menit, atau setara dengan 140 kalori.

Tentunya hasil penelitian ini adalah sebuah kabar bahagia bagi Anda yang kerap menghindari olahraga dan lebih memilih untuk bersantai.

Namun tahukah Anda kalau ternyata masih ada berbagai aktivitas ‘remeh’ lainnya yang bisa membantu Anda membakar kalori dalam tubuh?

Fidgeting = 350 kalori per hari

Ada dua tipe manusia di dunia ini, yakni orang yang suka melakukan gerakan gelisah dan orang yang terganggu dengan gerakan tersebut. Fidgeting bisa berupa menghentakkan kaki, menggoyangkan kaki, atau gerakan konstan lain yang identik dengan rasa gelisah dan bisa mengganggu orang di sekeliling Anda.

Tapi tahukah Anda bahwa fidgeting dapat (sedikit) membantu Anda untuk menurunkan berat badan? Beberapa studi menunjukan apabila fidgeting dilakukan seharian ternyata dapat membakar kalori 10 kali lebih banyak jika hanya duduk diam.

Dalam studi tahun 2005 disebutkan bahwa angka kalori yang terbakar mencapai 350 kalori, di mana cukup untuk mengurangi 13-18 kilogram per tahun. Hal ini tentunya masuk di akal. Di mana gerakan konstan yang Anda lakukan, bahkan saat tengah duduk, tetap terhitung sebagai jenis kardio.

Mengonsumsi Green Tea = 183 kalori per hari

Ketika berbicara mengurangi berat badan tentunya terbayang kerja keras yang harus dilakukan. Namun beberapa studi menunjukkan jika meminum beberapa gelas green tea setiap hari dapat memberikan dampak yang cukup signifikan terhadap persentase lemak dalam tubuh Anda.

Bahkan dalam sebuah studi yang melibatkan pria obesitas, ditemukan bahwa pria yang kelebihan bobot tubuh dan rutin mengonsumsi green tea, akan membakar rata-rata 183 kalori lebih banyak dibandingkan dengan yang tidak mengonsumsi minuman tersebut.

Para ahli menyebutkan bahwa khasiat tersebut muncul dari polyphenol yang dikandung oleh green tea, di mana zat tersebut kaya anti oksidan dan dapat membantu tubuh Anda agar lebih efektif dalam membakar lemak.

Untuk hasil yang maksimal Anda perlu mengonsumsi cukup banyak green tea, yakni sekitar tiga hingga delapan gelas setiap hari.

Berkeringat = 200-600 kalori dalam 30 menit

Kegiatan berendam air hangat, infrared sauna atau sweat lodges (bangunan traditional suku asli Amerika yang kini dimodifikasi menjadi sauna) ternyata bisa membakar kalori dengan cara membuat temperatur tubuh Anda naik secara drastis.

Sebuah spa di New York, yakni Higher Dose adalah spa yang khusus menyediakan fasilitas infrared sauna. Mereka menyebutkan bahwa satu sesi berdurasi 45 menit di mana Anda hanya duduk diam dan tidak melakukan apapun, akan membakar kalori setara dengan lari sejauh empat hingga enam kilometer.

Dalam fasilitas infrared sauna ini Anda juga bisa membungkus tubuh Anda lalu dipanaskan dengan menggunakan selimut infrared (konon Selena Gomez adalah salah satu penggemar sauna ini).

Sementara itu sebuah sauna di Los Angeles mengklaim bahwa para pelanggannya bisa membakar kalori dari 800-1.600 kalori dalam satu sesi berdurasi 55 menit.

Masih sedikit temuan ilmiah berdasarkan klaim dari sauna tersebut, meskipun begitu para ahli sepakat bahwa berkeringat secara ekstrim memang dapat mengurangi bobot tubuh, terutama dari berkurangnya kandungan air dari dalam tubuh.

Membersihkan rumah = 100 kalori per jam

Mungkin aktivitas ini yang paling kurang menyenangkan namun paling bermanfaat untuk membakar kalori. Menyapu lantai, membersihkan bak cuci piring, menyeka bathtub, dan aktivitas membersihkan rumah lainnya, yang dilakukan dalam waktu singkat, ternyata punya dampak besar untuk mengurangi berat badan.

Penelitian menyebutkan mencuci piring dan membersihkan dapur selama satu jam mampu membakar 100 kalori, sementara menyeka seluruh permukaan kamar mandi Anda selama 35 menit punya efek setara dengan berjalan kaki di treadmill selama 35 menit.

Pekerjaan sederhana di rumah ternyata punya sumbangsih untuk menjaga berat badan Anda, namun jangan sepenuhnya terlena. Karena dalam sebuah studi di tahun 2013 ditunjukan bahwa orang-orang yang secara serius beranggapan bahwa melakukan pekerjaan rumah adalah olahraga rutin ternyata memiliki berat badan lebih besar ketimbang yang tidak. Jadi baiknya, Anda tetap melakukan olahraga rutin, dan menjadikan aktivitas bersih-bersih sebagai olahraga tambahan yang akan membuat rumah Anda juga menjadi bearish.

Artikel ini disadur dari Harper’s Bazaar UK.

(Alih bahasa: Daniar Cikita. Foto: Dok. Bazaar)

Source: Harpers Bazaar

Brava Listeners, terus dengarkan Brava Radio di 103.8 FM atau bisa melalui streaming di sini.

Baca juga:
Mobil muscle car terkecil di dunia
Kenali penyebab batuk
Agar sehat, ganti gula Anda dengan ini

SHARE