Susan Bachtiar: Rejuvenate myself with healthy living

27

Tepat di ulang tahun Brava Radio yang ke-7, #BravaRe7uvenate, Good Day Jakarta pada (10/3) yang dipandu oleh Fika Rosemary dan Ferdy Hasan menghadirkan tamu istimewa multitalented yang sedang mempersiapkan Berlin Maraton, Susan Bachtiar.

Di kesempatan kali ini, mereka membahas bagaimana Susan Bachtiar biasanya rejuvenate pola hidup sehat.

Q : Apa yang biasanya Anda lakukan untuk menjaga diri tetap sehat dan bugar?

A : Pada intinya, yang tahu kita itu diri kita sendiri. Kita harus tahu badan kita itu seperti apa, harus tahu medical history kita seperti apa. Dan mulai di umur 30 itu saya lebih aware sama kesehatan.

Karna metabolisme kita di umur 30 itu sudah menurun. Prinsip saya, sesuatu yang berlebihan itu tidak baik.

Q : Apa yang menjadi poin untuk mengubah pandangan ke olahraga?

A : Saya memang dari kecil itu hobinya olahraga. Dari SD saya sudah mengikuti lari sprint mewakili sekolah, ikut tim basket, tim voli. SMP juga sama, sampai SMA saya ikut taekwondo.

Memang dari kecil sudah dibiasakan setiap hari untuk olahraga. Kemudian ke depannya gaya hidup sudah beda. Mulai nge-gym di pusat-pusat kebugaran.

Intinya maintain olahraga, karena saya punya medical history dari keluarga yang punya keturunan diabetes, dan itu yang saya coba hindari. Coba untuk healthy living pelan-pelan.

Saya aktif lari lagi pada jadi Duta Yayasan Jantung. Yayasan jantung mengadakan suatu event dengan perusahaan asuransi untuk mengajak masyarakat lari. Dengan modal nekat, dan tanpa latihan apapun hari itu saya datang, hari itu saya lari 10 km dari Monas-Sudirman-Monas.

Kemudian dari situ mulai aktif mengikuti event-event lari, lalu mulai browsing persiapannya apa saja dan saya memang setiap hari itu nge-gym, dibarengin lari sampai akhirnya memasuki umur 42 saya buat bucket list lari 42 km di Jakarta Marathon.

Intinya, rejuvenate myself dengan mencoba gaya hidup sehat.

Saya sangat amaze dengan warga Jakarta, karena begitu banyak orang mulai dari ekonomi menengah ke bawah, ekonomi menengah ke atas kumpul di CFD untuk berusaha hidup sehat, meskipun mereka hanya jalan kaki.

Q : Apakah Anda melakukan program diet?

A : Saya suka makan dan olahraga, jadi olahraga untuk bisa makan enak. Tapi balik lagi, makan enaknya standar-standar saja.

Q : Sebagai seorang presenter dan model itu harus jaga badan. Memang tidak memilih untuk diet?

A : Lebih ke jaga makan agar badan lebih stabil. Sekarang juga banyak orang yang berolahraga hanya untuk kurus, bukan untuk sehat. Padahal, kurus itu bonus. Sebenarnya orang kurus tapi badannya tone, it’s good. Tapi, kalau kita lihat orang kurus tapi tidak ada tone, sebenarnya itu tidak bagus.

I try to rejuvenate my self with a healthy eating. Tapi ya tidak hanya itu, saya juga coba sesuatu yang bisa rileks sendiri. Jadi, dalam seminggu harus ada relaksasi.

Massage atau creambath, itu part of your life. Or try new hobby. Pokoknya sesuatu yang seperti reward ke diri sendiri.

Brava Listeners, terus dengarkan Brava Radio di 103.8 FM atau bisa melalui streaming di sini.

[teks Miranti | foto dok. Brava Radio]

Baca juga:
Jimmy Masrin: Saya ingin terus memberi kepada yang membutuhkan
Pelangi di Toledo Museum of Art
Food Ink, makanan 3D dari London