5 Manfaat dari Olahraga Jalan Kaki

12

Jalan kaki dianggap sepele daripada jenis olahraga yang lain, seperti jogging, dan bersepeda. Padahal, di balik olahraga jalan kaki, terdapat banyak manfaat bagi tubuh kita. Dengan berjalan kaki yang dibarengi oleh pola hidup sehat dan mengkonsumsi makanan bergizi, dapat meningkatkan proses metabolisme dan membakar kalori di dalam tubuh yang mampu menurunkan kadar lemak berlebih. Berikut beberapa manfaat dari jalan kaki.

  • Menurunkan berat badan

Berjalan kaki secara teratur dapat membantu menurunkan berat badan. Jalan kaki merupakan latihan aerobik ringan yang mampu membakar kalori dan meningkatkan metabolisme tubuh. Dengan berjalan kaki selama 30 menit dapat membakar sekitar 150 kalori dalam tubuh. Makin cepat langkah kaki, makin banyak kalori yang terbakar.

Selain itu, jalan kaki dapat memengaruhi hormon yang terlibat dalam pengaturan nafsu makan, dan membantu mengendali asupan kalori harian.

  • Meningkatkan energi dalam tubuh

Berjalan kaki selama 20 menit, mampu meningkatkan energi dalam tubuh. Studi menjelaskan, orang dewasa yang berjalan kaki selama 20 menit di luar ruangan lebih berenergi dibandingkan yang berjalan kaki di dalam ruangan.

Jalan kaki juga mampu memperlancar aliran oksigen ke tubuh, sekaligus mengaktifkan hormon kortisol, epinefrin, dan norepinefrin dalam tubuh.

  • Mengurangi stres dan meningkatkan suasana hati

Menurut Anxiety and Depression Association of America, berjalan kaki selama 10 menit sama efektifnya dengan berolahraga 45 menit dalam hal meringankan kekhawatiran dan depresi. Saat bergerak, tubuh akan melepaskan endorfin, hormon bahagia yang dapat meredakan stres dan meningkatkan suasana hati. 

Jalan kaki saat pagi hari mampu memberikan efek relaksasi yang akan meningkatkan produktivitas selama satu hari, menghilangkan pikiran negatif, dan meningkatkan fokus.

  • Meningkatkan kualitas tidur

Dalam sebuah penelitian, jika konsisten berjalan kaki selama 10.000 langkah dalam satu hari, jam tidur dan kualitas tidur akan lebih baik. Berjalan kaki akan membantu mengatur ritme sirkadian tubuh, yang merupakan jam biologis internal yang mengontrol siklus tidur dan bangun. Dengan berjalan kaki, dapat mengatur pola tidur dan akan mendapatkan tidur yang lebih nyenyak dan nyaman.

  • Meningkatkan kesehatan jantung

Kesehatan jantung secara keseluruhan dapat meningkat dengan rutin berjalan kaki. Berjalan kaki dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular hingga 31 persen dan menurunkan risiko kematian sebesar 32 persen. Manfaat ini sangat mengesankan, bahkan jika Anda hanya berjalan santai dengan kecepatan sekitar 3,2 km per jam.

Orang yang berjalan lebih jauh, berjalan lebih cepat, atau keduanya, akan mendapatkan perlindungan yang lebih besar terhadap penyakit jantung.

Berjalan kaki merupakan metode yang sederhana dan menyenangkan untuk meningkatkan kesehatan fisik dan mental. Jadi, mulailah berjalan kaki  dan nikmati manfaatnya!