Menahan Bersin Ternyata Punya Dampak Buruk Bagi Kesehatan!

42
Menahan Bersin Ternyata Punya Dampak Buruk Bagi Kesehatan!

Demi menjaga kenyamanan orang di sekitar, ada kalanya seseorang menahan bersin. Akan tetapi tindakan satu ini punya dampak buruk bagi kesehatan.

Seperti diberitakan CNBC Indonesia, bersin ternyata bisa membantu seseorang terhindar dari sakit atau terluka karena berbagai hal yang mungkin masuk ke hidung.

Menahan Bersin Ternyata Punya Dampak Buruk Bagi Kesehatan!

Bersin sendiri merupakan aktivitas yang kuat karena dapat mengeluarkan tetesan lendir dari hidung Anda dengan kecepatan hingga 100 mil atau sekitar 160 km per jam.

Ketika seseorang bersin, tubuh menghasilkan tekanan pada sistem pernapasan, termasuk sinus, rongga hidung, dan tenggorokan ke paru-paru Anda.

Dalam sebuah studi tahun 2016, para ilmuwan mengukur tingkat tekanan sebesar 1 pound-force per square inch (1 psi) di tenggorokan seorang wanita yang sedang bersin.

Ketika seseorang menghembuskan napas dengan keras saat melakukan aktivitas berat, ia memiliki tekanan tenggorokan yang jauh lebih kecil, hanya sekitar 0,03 psi.

Menahan Bersin Ternyata Punya Dampak Buruk Bagi Kesehatan!

Menahan bersin akan meningkatkan tekanan di dalam sistem pernapasan 5 hingga 24 kali lebih tinggi daripada tekanan yang disebabkan oleh bersin itu sendiri.

Para ahli menerangkan bahwa menahan tekanan tambahan di dalam tubuh dapat menyebabkan potensi cedera yang bisa berakibat serius.

Berikut bahaya alias dampak buruk menahan bersin seperti mengutip dari Healthline:

Gendang telinga pecah

Menahan tekanan bersin bisa menyebabkan gendang telinga (atau bahkan kedua gendang telinga) pecah dan menyebabkan hilangnya pendengaran.

Infeksi telinga tengah

Bersin membantu membersihkan hidung, termasuk bakteri. Secara hipotesis, pengalihan udara kembali ke telinga dari saluran hidung dapat membawa bakteri atau lendir yang terinfeksi ke telinga tengah, sehingga menyebabkan infeksi.

Baca Juga: Waktu Paling Tepat Minum Kopi Ternyata di Pagi Hari

Rusaknya pembuluh darah di mata, hidung, atau gendang telinga

Meski jarang terjadi, Menahan bersin saat meningkatnya tekanan dapat menyebabkan pembuluh darah di saluran hidung terjepit dan pecah.