Bark Air, Maskapai Penerbangan Baru Khusus Anjing

17

Bark Air, sebuah maskapai penerbangan baru yang mengutamakan anjing daripada manusia, akan melakukan penerbangan perdananya pada hari Kamis. Penerbangan perdananya yang telah terjual habis ini akan berangkat dari New York menuju Los Angeles pada pukul 16:00 EST. 

Bark, sebuah perusahaan hewan peliharaan yang didirikan pada tahun 2011 yang menjual makanan anjing dan produk lainnya, mengumumkan pengalaman penerbangan baru untuk anjing pada bulan April. Ini adalah layanan perjalanan udara kedua yang memasarkan dirinya sebagai layanan yang melayani hewan peliharaan sebelum penumpang manusia, karena menyadari betapa stres dan tidak nyamannya perjalanan udara komersial bagi hewan. Operator penerbangan charter umum yang berbasis di Inggris, K9 jets, juga memungkinkan hewan peliharaan penumpang untuk melakukan perjalanan bersama mereka di dalam kabin pesawat, bukan di dalam peti di ruang kargo pesawat komersial.

“Kami sangat senang dapat menggunakan wawasan yang telah kami pelajari selama bertahun-tahun untuk menciptakan pengalaman yang benar-benar mengutamakan anjing, yang secara drastis berbeda dari sekadar menerima anjing – dari tanah hingga ke langit,” ujar salah satu pendiri dan CEO Bark, Matt Meeker, pada bulan April. 

“Kami yakin inisiatif ini akan meningkatkan kesadaran akan misi dan nilai-nilai merek kami, memperkenalkan lebih banyak pecinta anjing kepada keluarga Bark, dan membantu memperkaya kehidupan anjing dan pemiliknya di seluruh dunia,” lanjutnya.

Menurut situs web pemesanan Bark, penerbangan pertama dari New York ke Los Angeles pada hari Kamis telah terjual habis. Perusahaan tersebut mengatakan bahwa mereka meluncurkan pengalaman perjalanan udara untuk membuat perjalanan jarak jauh menjadi lebih nyaman bagi anjing yang tidak muat di bawah kursi di depan penumpang di pesawat komersial. 

 

 

 

“Terlalu sering, anjing tidak diizinkan untuk bepergian, dikurung di dalam tas ransel, atau mengalami stres saat terbang dalam kargo,” kata perusahaan tersebut saat mengumumkan penerbangan pada bulan April.

Layanan ini tidak murah. Penerbangan sekali jalan dari New York ke Los Angeles pada bulan Juni berharga US$6 ribu atau sekitar Rp96 juta untuk satu anjing dan satu manusia. Tiket dari New York ke London berharga US$8 ribu atau setara dengan Rp 128 juta. 

Meeker mengakui mahalnya layanan ini dalam sebuah surat pada bulan Mei, namun ia mengatakan bahwa ia berharap harga akan turun seiring dengan meningkatnya permintaan.

“Ini merupakan penghalang biaya bagi sebagian besar keluarga, tetapi lebih murah daripada kebanyakan pilihan saat ini. Dan ini juga merupakan awal mula sebagian besar produk dan layanan inovatif,” katanya. 

“Televisi, telepon, VCR dan pemutar DVD, hingga mobil, perjalanan dengan kereta api dan kapal laut, dan, ya, bahkan perjalanan udara – semua ini dimulai dengan harga yang sangat tinggi hingga permintaan terbukti dan biayanya dapat diturunkan dengan melayani masyarakat luas,” pungkasnya, dikutip dari CBS.