Elon Musk Bikin Superkomputer Chatbot Grok

11

Elon Musk terus mengembangkan kecerdasaan buatan atau artificial intelligence (AI) xAI yang akan menggebrak dominasi OpenAI dengan ChatGPT di pasar. Elon akan membangun sebuah superkomputer yang mampu mengembankan kemampuan chatbot AI Grok milik xAI.

Elon ungkap bahwa superkomputer ini memerlukan unit pengolah grafis (GPU) H100 buatan Nvidia sebanyak 100.000 buah dan akan memakan biaya hingga miliaran dolar AS.

Elon juga menginformasikan kepada investor bahwa cluster GPU untuk superkomputer ini, yang disebut “gigafactory komputasi,” akan empat kali lebih besar daripada yang digunakan oleh pesaing xAI saat ini.

Grok versi 1.5, yang dirilis pada April 2024 dapat memproses informasi visual seperti foto, diagram serta teks. Pada awal Mei 2024, X munculkan ringkasan berita yang dibuat oleh AI Grok bagi pengguna premium dari aplikasi X. Ringkasan ini mencakupi berita dan percakapan antar pengguna X, seperti laporan pendapatan Apple, bantuan untuk Ukraina, hingga debat Elon mengenai pinjaman nasional.

Platform X manfaatkan chatbot artificial intelligence untuk merangkum berita yang sedang populer di platformnya. Fitur tersebut bernama Stories on X yang tersedia bagi pelanggan premium platform X, dan baru bisa diakses melalui pengguna iOS.

“Lihat apa yang dunia tengah perbincangkan dengan Stories on X, dikurasi oleh @grok. Kini tersedia untuk pelanggan Premium pada tab Explore!,” tulis rekayasawan X dalam unggahannya melalui akun @XEng.

Chatbot AI Grok menggunakan postingan pengguna untuk membuat ringkasan dari berbagai konten, seperti artikel berita dan percakapan antar pengguna. Misalnya, Grok dapat merangkum laporan pendapatan Apple, bantuan kemanusiaan untuk Ukraina, dan debat Musk tentang pinjaman nasional yang dilaporkan oleh Engadget. 

Meskipun mirip dengan fitur Moments di platform lain, Grok menekankan bahwa ringkasannya mungkin tidak selalu akurat, sehingga pengguna disarankan untuk memverifikasi informasi tersebut. Grok juga mengingatkan bahwa informasi yang dirangkum berasal dari berbagai postingan di X dan dapat berubah seiring waktu.