Inilah Waktu Terbaik untuk Berolahraga Saat Berpuasa

21

Puasa bukanlah alasan untuk tidak berolahraga. Selama berpuasa, kita tetap disarankan untuk berolahraga demi kesehatan tubuh kita. 

Berolahraga juga mampu meningkatkan energi, menjaga pikiran tetap jernih dan fokus, serta menjaga metabolisme tubuh agar tetap stabil.

Melansir dari detikedu, dokter spesialis kedokteran olahraga dan pengajar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FK UI), dr Risky Dwi Rahayu SpKO mengatakan, ada beberapa jenis olahraga yang bisa dilakukan saat berpuasa.

“Beberapa jenis olahraga yang baik dilakukan saat berpuasa adalah brisk walk atau jalan cepat, jogging, bersepeda, senam tai chi, senam aerobik atau zumba, pound fit, yoga, dan pilates,” kata dr Risky, mengutip dari laman detikedu.

Inilah Waktu Terbaik untuk Berolahraga Saat Berpuasa

Waktu terbaik untuk olahraga saat berpuasa itu adalah setelah sahur, sebelum buka puasa, dan setelah buka puasa. Olahraga setelah waktu sahur dapat menjaga cadangan energ itetap optimal. Namun, dapat berisiko dehidrasi karena harus berpuasa hingga matahari terbenam. Melansir dari kompas.com, olahraga di pagi hari disarankan bisa berupa latihan beban.

Olahraga sebelum berbuka puasa dapat memungkinkan seseorang langsung memulihkan dan hidrasi diri. Artinya, seseorang memulai olahraga dengan energi yang lebih sedikit. Namun, olahraga yang dipilih harus ringan dengan lebih banyak latihan ketahanan, repetisi, dan beban rendah, serta banyak peregangan.

Sedangkan olahraga setelah berbuka puasa memungkinkan seseorang untuk rehidrasi lebih mudah dan memiliki cadangan energi yang lebih banyak, dan pastikan minum banyak air untuk rehidrasi. Olahraga yang tepat saat berbuka puasa ini adalah latihan beban. 

Selain itu, durasi olahraga saat berpuasa bisa dikurangi selama 15 menit. Jika biasanya berolahraga selama 60 menit, maka selama berpuasa batasi olahraga menjadi 45 menit.