Makanan ini bikin otot makin besar

45

Makanan Ini Bikin Otot Makin Besar

Memiliki otot yang bagus serta kuat merupakan impian setiap pria. Namun, untuk mendapatkan otot yang sehat dan kuat tidak hanya cukup dengan latihan fisik saja – kesalahan yang dilakukan banyak pria.

Pembentukan otot yang kuat dipengaruhi oleh pola dan menu makanan. Otot yang baik dan kuat akan mudah terbentuk jika asupan cairan dan makanan kaya energi yang seimbang, mendukung latihan fisik yang dilakukan secara rutin.

Asupan makanan yang sehat dan seimbang terhadap tubuh sangat berguna terhadap kesehatan, khususnya pencernaan. Jika pencernaan dalam tubuh sehat, maka proses pembentukan otot yang ditempah lewat latihan fisik akan berjalan lancar.

Lalu, makanan apa saja yang dapat membantu pembentukan otot? Mengonsumsi hanya satu jenis makanan saja, misalnya seperti buah-buahan, tidak akan membantu pembentukan otot secara maksimal.

Jadi, lebih baik mengombinasikan porsi harian buah dengan sayuran, biji-bijian, sereal, kacang-kacangan, dan cairan yang cukup. Cairan yang cukup ini nanti berguna menghindari terjadinya dehidrasi.

Makanan yang pasti harus Anda konsumsi adalah sayuran. Diet sehat selalu menyertakan sayuran untuk membantu menurunkan berat badan dan memberikan asupan serat, vitamin, mineral, dan cairan.

Pada sayuran juga terdapat sejumlah kecil protein. Selain itu, konsumsi susu rendah lemak yang berguna untuk menyediakan protein berkualitas tinggi, karbohidrat, dan vitamin penting seperti vitamin D, potasium, dan kalsium.

Daging merah juga asupan yang dapat membentuk otot. Daging dipercaya sebagai sumber protein, besi, dan asam amino termasuk leusin.

Kandungan besi pada daging merah berguna untuk melakukan transportasi oksigen ke otot. Nutrisi yang terdapat pada daging mampu memupuk pertumbuhan otot.

Selain daging merah, mengonsumsi daging ayam tanpa kulit juga cukup membantu, karena rendah lemak. Memilih daging ayam yang berwarna gelap mampu meningkatkan zat besi sebesar 25 persen dalam tubuh, serta meningkatkan 3 kali zink yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Jangan lupa konsumsi telur! Telur diperkaya dengan asam amino esensial, kuning telur juga mengandung protein dan nutrisi lainnya seperti lutein yang sangat berguna untuk kesehatan mata.

Asupan kacang dan biji-bijian juga tak boleh terlewat. Mengonsumsi kacang mentah tanpa garam atau kacang yang dipanggang merupakan sumber protein yang baik dan juga mengandung vitamin, antioksidan, serat dan lemak sehat yang cukup membantu untuk daya tahan tubuh.

Sedangkan, karbohidrat yang berkualitas banyak terdapat pada biji-bijian. Biji-bijian juga mengandung sejumlah kecil protein, dimana protein tersebut mampu memberikan energi dan membentuk otot, bersama dengan serat, vitamin dan antioksidan yang terkandung di dalam biji-bijian.

Tapi, yang perlu Anda ingat, asupan makanan ini tidak akan berfungsi optimal pada pembentukan otot apabila Anda tidak melakukan aktivitas fisik. Jadi, tetaplah berolahraga secara rutin dan teratur. Bantu usaha Anda dengan mengonsumsi makanan-makanan tersebut di atas.

Narasumber : dr. Diana F.Suganda, M.Kes

Dokter Ahli Nutrisi yang juga aktif menulis dan menjadi pembicara untuk seminar nutrisi.

Source: Fitness For Men

Brava Listeners, terus dengarkan Brava Radio di 103.8 FM atau bisa melalui streaming di sini.

Baca juga:

5 Fakta unik Frank Lampard yang tidak Anda ketahui
Juventus mendapat kompensasi terbesar di Euro 2016
10 Sumber nutrisi pemulih stamina

Share it