Pilates: Olahraga Mind-Body untuk Kesehatan Tubuh

27

Pilates adalah olahraga mind-body yang diciptakan oleh Joseph Pilates pada tahun 1923. Olahraga ini fokus pada penguatan otot inti (core), stabilitas postural, fleksibilitas, kontrol otot, dan pernapasan. Pilates bisa dilakukan dengan menggunakan peralatan khusus atau hanya dengan berat badan sendiri di atas matras.

Meskipun gerakannya mungkin tampak mirip, yoga dan pilates sebenarnya berbeda.

Pilates lebih menekankan pada kekuatan dan daya tahan otot, sedangkan yoga berfokus pada penyatuan tubuh dan pikiran melalui gerakan. Gerakan dalam pilates biasanya lebih menantang dan sering kali memerlukan alat khusus.

Untuk mencapai keseimbangan antara tubuh dan pikiran, pilates menggunakan teknik pernapasan yang teratur, latihan keseimbangan dan postur tubuh, konsentrasi, serta latihan untuk mengontrol gerakan dan kekuatan otot.

Pilates: Olahraga Mind-Body untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Pilates

Ada banyak sekali manfaat dari latihan Pilates, diantaranya:

  • Menigkatkan kekuatan dan daya tahan tubuh

Pilates melatih otot-otot utama dan seluruh tubuh, sehingga tubuh menjadi lebih kuat dan tahan lama dalam beraktivitas sehari-hari.

  • Memperbaiki postur tubuh

Pilates membantu memperbaiki ketidaksejajaran tulang belakang dan bahu, sehingga postur tubuh menjadi lebih baik dan tegak.

  • Meningkatkan fleksibilitas

Latihan Pilates membuat otot dan sendi menjadi lebih lentur, sehingga tubuh bisa bergerak dengan lebih bebas.

  • Mencegah cedera

Pilates dapat memperkuat otot-otot penyangga tubuh, sehingga dapat membantu mencegah cedera, terutama pada punggung.

  • Menghilangkan nyeri

Pilates dapat membantu mengurangi nyeri punggung, leher, dan sendi lainnya.

  • Menurunkan stres 

Selain melatih fisik, Pilates juga melatih fokus dan pernapasan, sehingga dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan relaksasi.

Pilates cocok untuk semua kalangan, baik pria maupun wanita, muda maupun tua, pemula maupun atlet. Karena intensitas latihannya bisa disesuaikan dengan kemampuan masing-masing individu.