Startup AI Elon Musk Raih Pendanaan 97,4 Triliun, Siap Lawan ChatGPT

18

Startup xAI milik Elon Musk dikucuri dana sebesar 6 miliar dolar, atau setara dengan Rp 97,4 triliun rupiah untuk pengembangan AI lebih lanjut dari para investor. Dana ini akan dipakai untuk mempercepat tantangan terhadap OpenAI, mantan sekutunya.

Pendanaan seri B ini didapatkan dari sejumlah investor, yaitu Andreessen Horowitz, Sequoia Capital, dan Pangeran Arab Saudi Al Waleed Bin Talal.

Dilansir dari kumparan, pendanaan ini juga akan digunakan untuk meluncurkan produk pertamanya ke pasar, membangun infrastruktur yang canggih, dan mempercepat penelitian dan pengembangan teknologi masa depan.

Saat ini, xAI sudah memiliki Grok yang merupakan salah satu fitur dari media sosial X yang bisa diakses oleh pengguna premium. Chatbot ini mirip dengan ChatGPT dari OpenAI.

Grok merupakan produk pencapaian paling menonjol dari xAI. Setelah berhasil mengumpulkan dana sebesar 6 miliar dolar AS, perusahaan berencana menggunakan dana tersebut untuk memasarkan produk awal mereka, membangun infrastruktur canggih, serta mempercepat pengembangan teknologi masa depan.