Tips Diet Sehat untuk Menurunkan Berat Badan dengan Efektif

24

Memiliki berat badan yang ideal merupakan impian semua orang. Namun, menurunkan berat badan tentu bukanlah hal yang mudah. Cara menurunkan berat badan harus dilakukan dengan tepat agar hasilnya efektif dan tidak membahayakan kesehatan.

Diet dengan mengatur pola makan merupakan salah satu cara untuk menurunkan berat badan. Untuk menurunkan berat badan, penting juga untuk menentukan pola diet yang sehat agar badan tetap fit selama masa diet.

Berikut tips diet sehat untuk kamu yang ingin menurunkan berat badan:

  1. Atur Pola Makan Sehat dan Seimbang

Usahakan untuk makan dengan teratur. Jangan lewatkan waktu makan, dan susunlah pola makan dengan tiga kali makan utama dan dua hingga tiga camilan sehat setiap harinya. 

Dengan cara ini, tubuh akan mendapatkan energi yang cukup dan kamu bisa menghindari makan berlebihan di kemudian hari. Mengatur porsi makan dapat membantu mengontrol asupan kalori dan mencegah makan berlebihan.

  • Kurangi Makanan Berminyak

Mulailah memasak dengan cara memanggang, mengukus, dan merebus makanan. Makanan yang digoreng dengan minyak dapat meningkatkan kadar kolesterol dan berdampak negatif pada kesehatan jantung.

  • Kurangi gula dan makanan yang manis

Mulailah mengurangi konsumsi gula dan makanan manis. Gula juga biasanya tidak memberikan rasa kenyang yang tahan lama, melainkan hanya memberikan efek kenyang sementara. Mengonsumsi gula dan makanan manis secara berlebihan dapat menyebabkan diabetes.

  • Perbanyak minum air putih

Tingkatkan konsumsi air putih saat memulai diet sehat, setidaknya 8 gelas per hari, untuk membantu pencernaan dan metabolisme. Air putih membantu tubuh merasa kenyang dan membantu membakar kalori.

  • Olahraga

Diet dan olahraga sering kali menjadi solusi terbaik untuk menurunkan berat badan. Namun, banyak orang yang ingin berdiet tanpa harus berolahraga.

Mengurangi asupan makanan saja tidak cukup untuk menurunkan berat badan secara sehat. Bukannya mengurangi lemak, justru otot yang akan melemah.

Cobalah berolahraga saat sedang diet, seperti berjalan kaki selama 30 menit sehari. Olahraga dapat membakar kalori dan membangun massa otot.

 

Jika kamu memiliki kondisi kesehatan tertentu dan ingin memulai program diet, sebaiknya konsultasikan dengan ahli gizi. Ahli gizi dapat merancang program diet yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisimu.