Inilah Manfaat Olahraga Tenis Yang Perlu Kamu Ketahui!

32

Baru-baru ini, olahraga tenis lapangan semakin diminati. Banyak orang, termasuk generasi muda, yang mulai membagikan konten tentang olahraga ini di media sosial mereka. Selain itu, semakin banyak turnamen tenis yang diadakan, yang semakin memperkuat popularitas olahraga ini. Bagi mereka yang ingin mengisi waktu luang dengan aktivitas yang berguna, bermain tenis bisa menjadi opsi yang sangat baik.

Tenis adalah bentuk latihan kardiovaskular karena membantu meningkatkan denyut jantung dan pernapasan. Olahraga ini melibatkan penggunaan otot besar di bagian bawah tubuh untuk gerakan yang cepat dari samping ke samping dan dari depan ke belakang, serta melibatkan otot di bagian atas tubuh untuk membantu dalam ayunan raket. 

Tenis dapat dilakukan sebagai latihan seluruh tubuh yang meningkatkan kebugaran kardiovaskular, daya tahan, dan kekuatan otot. Olahraga satu ini juga membantu membakar kalori tubuh. 

Berikut beberapa manfaat dari olahraga tenis yang perlu kamu ketahui

  • Meningkatkan kesehatan jantung

Aktivitas fisik yang melibatkan gerakan seluruh tubuh dan meningkatkan denyut jantung disebut sebagai latihan kardiovaskular. Bermain tenis secara teratur, sekitar 2-3 kali seminggu, telah memenuhi rekomendasi dari American Heart Association (AHA) untuk menjaga kesehatan jantung dan meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan.

  • Membakar kalori pada tubuh

Olahraga tenis lapangan dapat meningkatkan pembakaran kalori dalam tubuh. Melakukan aktivitas ini secara teratur dapat menyebabkan penurunan lemak tubuh. Tidak hanya itu, pemain tenis umumnya menunjukkan hasil pemeriksaan kadar kolesterol yang lebih baik daripada individu yang kurang aktif secara fisik.

  • Melatih keseimbangan tubuh

Saat berkompetisi, pemain tenis harus mampu bergerak dengan cepat, melompat, berhenti secara tiba-tiba, dan melakukan perubahan arah dengan lancar tanpa kehilangan keseimbangan. Koordinasi dan kecepatan reaksi menjadi kunci, dan para pemain yang secara teratur bermain tenis lapangan akan meningkatkan kemampuan mereka dalam aspek ini.

  • Meningkatkan koordinasi tubuh

Olahraga tenis dapat memperkuat keterkaitan antara penglihatan dan gerakan lengan, sehingga memperbaiki refleks atau waktu reaksi. Hal ini memiliki dampak positif pada fungsi motorik, karena berkaitan dengan keterampilan kognitif di dalam otak. Jadi, olahraga tenis tidak hanya memberikan manfaat bagi kesehatan fisik, tetapi juga dapat meningkatkan keterampilan kognitif dan koordinasi motorik.

  • Mengurangi risiko osteoporosis

Bergerak aktif saat memukul raket dalam tenis dapat menguatkan tulang dan mengurangi risiko osteoporosis. Selain itu, bermain tenis di luar ruangan juga dapat meningkatkan kadar vitamin D di tubuh, terutama saat bermain antara pukul 11 pagi hingga 1 siang, karena paparan sinar matahari yang membantu kesehatan tulang.