Ketahui Menu Sarapan Sehat dan Tidak Sehat bagi Tubuh

883
srapan sehat

Padahal dengan memilih menu yang sehat, sarapan juga dapat membantu untuk mempertahankan atau bahkan menurunkan berat badan.

Sarapan yang sehat memiliki beberapa komponen, termasuk biji-bijian, protein rendah lemak, susu rendah lemak dan buah-buahan segar dan sayuran. Kombinasi dari kelompok makanan yang menyediakan serat, protein, karbohidrat kompleks dan lemak tertentu, memungkinkan tubuh merasa kenyang lebih lama, sehingga mencegah Anda ngemil atau makan berlebihan.

Berikut beberapa daftar makanan paling sehat dan paling tidak sehat untuk sarapan, seperti dilansir dari Foxnews, Selasa (23/12):

Sarapan Sehat

  • Oatmeal

Oatmeal adalah makanan sarapan yang sehat untuk bahan bakar tubuh. Oatmeal menyediakan karbohidrat dan protein. Untuk mempermanis oatmeal, tambahkan buah seperti buah pisang. Untuk menghemat waktu, masak batch besar oatmeal sebelumnya. Panaskan dalam microwave yang kemudian bisa dimakan sebelum lari pagi atau beraktivitas.

  • Roti atau sereal gandum

Menurut American Heart Association, makanan yang tinggi serat membantu merasa kenyang juga rendah kalori. Ini membantu Anda mengendalikan berat badan di pagi hari dan membatasi ngemil sepanjang hari.

Sarapan Tidak Sehat

  • Donat dan kue

Sarapan donat atau kue dipadu dengan kopi atau teh pastinya menjadi salah satu menu favorit di pagi hari. Hanya saja, makanan ini tidak sehat untuk tubuh. Donat dan kue-kue lainnya mengandung banyak gula, kalori, dan lemak, yang hampir tidak dapat mendukung tubuh Anda hingga makan siang. Makan sarapan yang tinggi gula dapat menyebabkan kenaikan gula darah, akhirnya menyebabkan obesitas (kegemukan) dan diabetes.

  • Bacon, ham, dan sosis

Daging olahan yang tinggi nitrat seperti bacon, ham, atau sosis, terkait dengan jenis kanker tertentu. Belum lagi, jenis-jenis daging itu penuh lemak dan kalori. Jika Anda mendambakan protein di pagi hari, yang terbaik adalah telur. << [teks @shintaasarass | foto tuliskan.com]

Share it